Stadion Patriot Jadi Venue Asian Games, CFD Bekasi…

By | 11/08/2018

loading…

BEKASI – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memutuskan meniadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, selama perhelatan Asian Games. CFD ditiadakan pada tanggal 12 dan 19 Agustus mendatang.

Alasannya, venue yang dipakai pesta olahraga empat tahunan tersebut berada di Stadion Patriot Candrabhaga yang berada di jalan tersebut. ”Dua kali CFD kami tiadakan, untuk mendukung perhelatan Asian Games,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Lutfi pada Jumat, 10 Agustus 2018 kemarin.

Menurut Lutfi, peniadaan CFD tersebut hanya bersifat sementara, mengingat ada perhelatan Asian Games, di mana Stadion Patriot Candrabhaga digunakan venue cabang olahraga sepak bola. Kota Bekasi menjadi tuan rumah untuk dua grup sepakbola asia.

Jumhana menjelaskan, CFD akan dibuka kembali pada 26 Agustus mendatang. Meski demikian, pembukaan kembali ini masih menyesuaikan jadwal pertandingan sepak bola. Sebab, pada tanggal itu juga babak per delapan besar akan dimulai.

Namun, kata dia, stadion yang digunakan belum diinformasikan. Sehingga, jika 26 Agustus mendatang ada pertandingan, maka peniadaan CFD diperpanjang. Dengan begitu, CFD kembali dibuka pada 2 September atau berakhirnya even Asian Games.

Adapun penutupan pada tanggal itu dipastikan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan, Jakarta Pusat.”Tanggal 2 September sudah tak ada lagi pertandingan di Bekasi. Adapun final tanggal 1 dilakukan di Bogor, jadi kondisional nantinya,” jelasnya.

Jumhana menambahkan, CFD di Kota Bekasi cukup diminati masyarakat. Jumlah pengunjung pada hari bebas kendaraan bermotor tersebut mencapai ribuan orang. Adapun jalur yang ditutup mulai dari bundaran Summarecon sampai dengan simpang Bekasi Cyber Park.

Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan pada Kementerian Lingkungan Hidup tahun ini mendaulat bahwa pelaksanaan car free day di Kota Bekasi yang terbaik di Indonesia. Indikatornya bahwa sepanjang jalur tersebut bebas dari kendaraan bermotor, tingkat Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) masuk kategori baik.

Sementara itu, Stadion Patriot Candrabhaga akan menjadi kandang Tim Nasional Indonesia U-23 untuk Asian Games 2018. Stadion Patriot akan jadi lokasi pertandingan Grup A yang diisi oleh Indonesia, Taiwan, Laos, Hongkong, dan Palestina.

Salah satu warga, Adin Katanya (30) mengatakan, walaupun ditiadakan CFD selama dua pekan. Tapi, warga bisa menonton pertandingan sepakbola di Stadion.”Enggak apa-apa ditiadakan, tapi kita dukung Timnas kita memenangkan pertandiangan dalam Asian Games,” kata warga Bekasi Timur ini.

(whb)